Tips Berhutang Untuk Pebisnis Pemula

Senin, Desember 28, 2009

Assalamualaikum Wr Wb
Pak dalam waktu dekat ini saya ingin sekali pinjam modal dari bank
sebesar Rp 10 juta dengan bunga sebulan 1,67 flat. Rencananya uang ini
ingin saya gunakan untuk modal butik anak online saya. Bagaimana
caranya saya mengembalikan uang dari bank tersebut setiap bulan tanpa
harus saya memakai modal yang sudah dipinjamkan. Saya ingin minta trik
dari Bapak, balas yah Pak.

Terima kasih,
Febi, Jakarta

Jawaban:

Waalaikumussalam Wr Wb

Bu Febi, memang sudah seharusnya pinjaman itu dibayarkan dari hasil
usahanya, dan bukan dari uang pinjaman itu sendiri. Sebab, kalau
pembayarannya menggunakan uang pinjaman itu sendiri, itu tandanya
bisnisnya tidak layak untuk diberi pinjaman. Dan biasanya, kita harus
berutang lebih besar daripada kebutuhan yang sesungguhnya karena
menghitung juga untuk pembayaran cicilan di bulan-bulan awal.
Akibatnya, pinjamannya terlalu besar, sehingga cicilannya juga menjadi
terlalu besar.

Kalau bisa sih, jangan andalkan modal pinjaman 100% untuk modal usaha
yang baru akan dirintis. Sebaiknya kombinasikan juga dengan modal dari
kantong Anda sendiri atau pinjaman pihak lain yang tidak berbunga atau
memiliki masa tenggang pembayaran. Kalaupun Anda tidak punya sumber
pinjaman dari yang lain, usahakan ada penjualan terlebih dahulu
sebelum mulai pinjam dari bank.

Caranya? Mudah kok, website Anda sudah online lebih dulu, dan sudah
mulai mendisplay 'gambar' barang dagangan Anda tanpa Anda sendiri
harus menyetok barang di rumah. Artinya, Anda tidak perlu beli
inventory lebih dulu, kan? Atau kalaupun Anda harus siap inventory di
awal, cobalah bekerja sama dengan supplier dengan sistem konsinyasi.
Jika pesanannya sudah mulai banyak, barulah Anda pinjam dari bank
untuk menambah stok inventory.

Kalau Anda sudah mulai mengajukan proposal pinjaman, tentunya Anda
sudah mendapatkan berapa cicilan yang harus Anda bayarkan per bulan.
Sayang sekali pertanyaan Anda kurang lengkap karena tidak menyertakan
jangka waktunya juga sehingga saya tidak bisa menghitungkan berapa
cicilannya. Saya asumsikan saja cicilannya sebesar Rp 1juta per bulan
untuk jangka waktu 12 bulan.

Nah, jadikan ini sebagai target keuntungan Anda setiap bulan. Anda
punya target keuntungan minimal sebesar Rp 1 juta per bulan. Kalau
Anda mengambil margin keuntungan sebesar 20%, maka target omzet Anda
menjadi Rp 5 juta per bulannya. Ingat lho, ini target minimal hanya
untuk mengembalikan pinjaman saja. Kalau Anda ingin menikmati
keuntungan untuk diri Anda sendiri, maka Anda harus menambah lagi
angka targetnya. Anggap saja Anda mau ambil untung Rp 1 juta juga per
bulan, sehingga target omzet Anda harus menjadi Rp 10 juta per
bulannya.

Lalu bagaimana mencapai target tersebut? Coba bagi target bulanan
menjadi target mingguan, artinya tiap minggu Anda harus menjual Rp 2,5
juta. Kalau rata-rata harga dagangan Anda adalah Rp 50 ribu misalnya,
maka Anda harus menjual 50 buah setiap minggu. Kalau rata-rata
pelanggan beli 2 buah, maka Anda harus menemukan 25 pelanggan tiap
minggu. Dari sinilah Anda mulai membuat rencana marketing Anda, yaitu
bagaimana caranya mendapatkan 25 pelanggan tiap minggu?

Anda bisa menawarkan melalui e-mail, milis, blog, ataupun jaringan
pertemanan di internet. Buat juga link di situs-situs milik
teman-teman Anda yang bisa dilakukan secara gratisan. Dan, manfaatkan
jasa mesin pencari untuk memopulerkan website Anda dan membuatnya
mudah dicari oleh orang lain. Selamat berbisnis, semoga berhasil.

Salam.
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan
Dikutip dari Republika, 01 Februari 2009


bisnis sederhana



Blog Loecky | Ayo Menabung (http://www.loecky.co.cc) merupakan blog yang berisi tentang informasi keuangan, panduan menabung, tabungan, investasi, renungan, yang berhubungan dengan keuangan seperti uang, emas, dinar, asuransi, bisnis, bisnis online, iklan, bisnis internet, ayo menabung, klik saya, tipe menabung, hosting di 000webhost, perhitungan bunga harian, mulai dagang kliksaya, renungan untuk seorang anak, memperoleh penghasilan dari artikel, memilih lump sum atau pembayaran periodik, artikel, traffic blog, perencanaan keuangan, investasi, kiat investasi, produk investasi, panduan menabung, mengatur uang, rekening, bisnis, mengelola gaji, menekan biaya, bisnis internet, bisnis online, pasang iklan, trik adsense, hosting, adsense, proses hidup, investasi emas, investasi dinar, memilih asuransi, dan semua hal yang bermanfaat untuk masa depan kita. Bookmark blog saya atau Baca lewat email

Artikel Terkait



0 Komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Arsip Blog

About Me

Celotehan Awal

Blog ini berisi catatan-catatan saya selaku manusia biasa yang melihat alam sekitar, tingkah laku manusia, semua hal-hal yang lagi trend di jaman saya.

Kalau anak cucu saya melihat ini, sungguh akan menjadi suatu pengalaman yang unik: "ini terjadi di jaman saya, di jaman kamu bagaimana..apa masih sama?"

Konten lama/ old school dari blog ini kebanyakan berisi tips-tips keuangan yang dulu pernah saya kumpulkan, semoga masih relevan di jaman pembaca sekarang ini.

Maafkan jika Blog saya sifatnya satu arah, karena saya lumayan sibuk :), mudah2an kalo ada waktu akan saya balas komen yang ada satu per satu. Jika ada posting yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya