Tabungan Sekolah Anak

Senin, Maret 22, 2010

Mas Ghozali,

Saya Ibu rumah tangga usaha sembako dengan omset/ hari 400 sampai 500. Suami sudah meninggal, anak-anak sekolah SD. Saya kontrak 1 tahun 5 juta. Mas mohon saran, bagaimana caranya supaya punya tabungan untuk biaya anak sekolah nanti?

Terima kasih. NN – 08128803XXXX

Jawaban:

Ibu, saya salut pada perjuangan Anda untuk tetap bisa menafkahi keluarga dan menyekolahkan anak-anak selepas kepergian suami.

Untuk biaya pendidikan anak, ada banyak produk keuangan yang bisa digunakan. Mulai dari produk yang khusus seperti tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, atau investasi umum lainnya.

Dari omset setiap hari tersebut, saya sarankan agar ibu bisa membuat pos pengeluaran sebagai berikut: pertama, untuk belanja kembali sebesar setidaknya sesuai dengan nilai barang yang terjual. Misalnya, kalau ibu mengambil keuntungan 20%, maka dengan omset 400rb-500rb itu artinya ibu harus belanja lagi setidaknya 350rb-400rb per hari. Nah, sisanya adalah keuntungan ibu sebesar 50rb-100rb per hari.

Dari keuntungan ini, coba deh sisihkan sekitar 20%-nya setiap hari, yaitu kira-kira 50rb-100rb untuk ditabungkan. Ini berarti 10rb-20rb per hari atau 300rb-600rb per bulan. Nah, setengahnya bisa dipakai untuk dana pendidikan, dan sebagian lagi bisa untuk tabungan cadangan. Dana sebesar 300rb-600rb sebetulnya sudah cukup memadai untuk memgambil asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan untuk biaya masuk SMP dan SMA. Sedangkan untuk kuliahnya yang masih lama, saya lebih sarankan ibu untuk mengembangkan usaha, beli properti, atau emas untuk menambah dananya.

Sementara sisa keuntungan 40rb-80rb bisa digunakan untuk biaya hidup sehari-hari. Saya lebih sarankan agar biaya hidup ini tidak diambil harian, tapi mingguan atau bulanan saja. Karena kalau diambil harian, biasanya ada keperluan besar bulanan seperti bayar telepon/listrik yang akhirnya harus mengambil lagi uang di toko.

Demikian dari saya, sukses untuk Anda.

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan
Dikutip dari Tabloid Wanita Indonesia

bisnis sederhana



Blog Loecky | Ayo Menabung (http://www.loecky.co.cc) merupakan blog yang berisi tentang informasi keuangan, panduan menabung, tabungan, investasi, renungan, yang berhubungan dengan keuangan seperti uang, emas, dinar, asuransi, bisnis, bisnis online, iklan, bisnis internet, ayo menabung, klik saya, tipe menabung, hosting di 000webhost, perhitungan bunga harian, mulai dagang kliksaya, renungan untuk seorang anak, memperoleh penghasilan dari artikel, memilih lump sum atau pembayaran periodik, artikel, traffic blog, perencanaan keuangan, investasi, kiat investasi, produk investasi, panduan menabung, mengatur uang, rekening, bisnis, mengelola gaji, menekan biaya, bisnis internet, bisnis online, pasang iklan, trik adsense, hosting, adsense, proses hidup, investasi emas, investasi dinar, memilih asuransi, dan semua hal yang bermanfaat untuk masa depan kita. Bookmark blog saya atau Baca lewat email

Artikel Terkait



1 Komentar:

Radhitya Notes mengatakan...

Kunjungan perdana ke blog sahabat....,
salam kenal dan salam hangat dari Blogger BAli

Posting Komentar

 
 
 

Arsip Blog

About Me

Foto Saya
Loecky Febriansyah
Lihat profil lengkapku

Celotehan Awal

Blog ini berisi catatan-catatan saya selaku manusia biasa yang melihat alam sekitar, tingkah laku manusia, semua hal-hal yang lagi trend di jaman saya.

Kalau anak cucu saya melihat ini, sungguh akan menjadi suatu pengalaman yang unik: "ini terjadi di jaman saya, di jaman kamu bagaimana..apa masih sama?"

Konten lama/ old school dari blog ini kebanyakan berisi tips-tips keuangan yang dulu pernah saya kumpulkan, semoga masih relevan di jaman pembaca sekarang ini.

Maafkan jika Blog saya sifatnya satu arah, karena saya lumayan sibuk :), mudah2an kalo ada waktu akan saya balas komen yang ada satu per satu. Jika ada posting yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya