Fitrah Harga Emas, Selalu Naik Pada Saat Ada Krisis…

Minggu, Januari 18, 2009

Imam Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin lebih dari 900 tahun lalu telah menulis bahwa hanya emas dan perak-lah yang bisa jadi timbangan yang adil dalam bermuamalah. Nampaknya hal ini terbukti sekali lagi di pasar uang internasional dalam hari-hari ini.

Ketika krisis subprime mortgage di Amerika Serikat belum juga nampak ujung akhir penyelesaiannya; kemarin pasar uang internasional dikejutkan lagi dengan masalah baru; yaitu krisis di Credit Suisse yang harus me –write-down assetnya senilai US$ 2.85 milyar.

Yang menjadi masalah bukan hanya nilai investasi yang turun bagi pihak-pihak yang terkait saja dengan Credit Suisse yang terkena dampak write-down tersebut; melainkan seluruh pasar terganggu kepercayaannya terhadap pasar finansial global.

Betapa tidak, Credit Suisse yang bermarkas di Zurich – Swtitzerland ; selama ini selalu dipersepsikan pasar sebagai tempat investasi yang paling aman. Management Risiko-nya pun dipandang paling mumpuni di dunia perbankan Global. Tapi ternyata mereka keropos juga di dalam.

Pertanyaan berikutnya adalah apabila Credit Suisse yang menjadi rujukan perbankan global saja bisa keropos; apalagi dunia perbankan yang tidak ‘secanggih’ Credit Suisse dalam pengendalian Management Risiko-nya ?.

Pertanyaan-pertanyaan dan persepsi inilah yang sepanjang hari kemarin menghantui para pemain pasar.

Dan dampaknya mudah ditebak; ketika orang panik dan kehilangan pegangan – mereka akan mencari pegangan yang fitrah. Pegangan yang dipandang adil, yang nilainya tidak akan ikut hancur bersamaan dengan hancurnya investasi di Amerika, Swiss dan entah dimana lagi. Inilah investasi emas – investasi dan proteksi nilai dari jaman nenek moyang yang memang terbukti kehandalannya.

Dari kepanikan pasar ini harga emas menjulang tinggi kemarin, naik dari US$ 906.10 pada penutupan hari sebelumnya, menjadi US$ 929.00 pagi ini. Harga Dinar tentu saja mengikuti perkembangan ini; pagi ini Dinar di Gerai Dinar dihargai Rp 1,182,700. Naik lebih dari Rp 21 ribu dari harga sehari sebelumnya.

Karena dampak krisis tambahan dari Credit Suisse ini akan berakumulasi dengan berbagai krisis-krisis sebelumnya seperti Subprime Mortgage Default dan krisis energy di Afrika Selatan sebagai produser utama emas; ada baiknya kita mulai lebih serius mengembangkan Dinar ini sebagi alternatif investasi dan proteksi nilai. Dari berbagai response dari pembaca blog ini kebutuhan akan alternative investasi dan proteksi nilai ini nampak begitu nyata. Wallhu A’lam. (mi)


bisnis sederhana



Blog Loecky | Ayo Menabung (http://www.loecky.co.cc) merupakan blog yang berisi tentang informasi keuangan, panduan menabung, tabungan, investasi, renungan, yang berhubungan dengan keuangan seperti uang, emas, dinar, asuransi, bisnis, bisnis online, iklan, bisnis internet, formula bisnis, SMUO, sistem mesin uang otomatis, ayo menabung, klik saya, tipe menabung, hosting di 000webhost, perhitungan bunga harian, mulai dagang kliksaya, renungan untuk seorang anak, memperoleh penghasilan dari artikel, memilih lump sum atau pembayaran periodik, artikel, traffic blog, perencanaan keuangan, investasi, kiat investasi, produk investasi, panduan menabung, mengatur uang, rekening, bisnis, mengelola gaji, menekan biaya, bisnis internet, bisnis online, pasang iklan, trik adsense, hosting, adsense, proses hidup, investasi emas, investasi dinar, memilih asuransi, dan semua hal yang bermanfaat untuk masa depan kita. Bookmark blog saya atau Baca lewat email


Artikel Terkait



0 Komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Arsip Blog

About Me

Foto Saya
Loecky Febriansyah
Lihat profil lengkapku

Celotehan Awal

Blog ini berisi catatan-catatan saya selaku manusia biasa yang melihat alam sekitar, tingkah laku manusia, semua hal-hal yang lagi trend di jaman saya.

Kalau anak cucu saya melihat ini, sungguh akan menjadi suatu pengalaman yang unik: "ini terjadi di jaman saya, di jaman kamu bagaimana..apa masih sama?"

Konten lama/ old school dari blog ini kebanyakan berisi tips-tips keuangan yang dulu pernah saya kumpulkan, semoga masih relevan di jaman pembaca sekarang ini.

Maafkan jika Blog saya sifatnya satu arah, karena saya lumayan sibuk :), mudah2an kalo ada waktu akan saya balas komen yang ada satu per satu. Jika ada posting yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya