4 Panduan Mudah Membuat Produk Informasi untuk Newbie

Minggu, Januari 18, 2009

Tanyakan pada semua pengguna internet, “apa yang anda cari saat berselancar di internet?” saya yakin 100% pasti mereka mencari informasi. Internet ibarat gudang data yang menyimpan apapun yang diinginkan orang. Apapun yang ingin anda ketahui pasti ada di sini.

Maka, tak heran kalau bisnis internet yang ramai dan selamanya ramai ya bisnis produk informasi. Kalau anda ingin jadi pebisnis internet, pertama kali cobalah memasarkan produk informasi. Karena pangsa pasarnya sudah jelas. Ya, semua orang yang mengunjungi anda bisa jadi calon pelanggan anda.

Tapi, bagaimana caranya? Mudahkah membuat produk informasi?

Jelas mudah! Produk informasi bisa berbentuk ebook, software, audio video, dan produk digital lainnya yang bisa dijual dan dikirim melalui Internet. Anda cuma perlu tahu bagaimana cara membuatnya. Dan, ada beberapa tahapan yang perlu anda lakukan sebelum membuat produk informasi. Ini dia jawabannya…

1. Lakukan riset. Riset ini berkaitan dengan riset keyword, forum, blog, iklan dan semua masalah yang anda hadapi. Jika anda ingin membuat ebook. Tentu anda ingin mencari tema ebook apa yang paling dicari di internet. Riset keyword bisa menjawab kesulitan anda tentang tema ebook anda. Anda juga harus cari tahu isu-isu di sekitar produk yang ingin anda buat. Siapa saja pesaing anda dan apa saja yang sering dipermasalahkan pembeli atas produk sejenis produk anda. Dan, jangan lupa untuk membeli produk pesaing anda. Dari sana anda bisa lihat kelebihan dan kekurangan mereka. Setelah anda lakukan survei, cek ulang semua hasil survei. Dan, tanyakan kembali apakah anda benar-benar bisa fokus di produk ini? Pastikan tujuan apa yang ingin anda capai dengan produk ini. Apakah anda ingin membantu para peminat bisnis internet, anda hanya ingin nama anda diakui sebagai pebisnis internet, anda hanya ingin membangun traffic, atau anda hanya ingin meraih direct dan indirect profit? Juga, pelajari baik-baik apakah anda yakin anda bisa meraih niche (ceruk) tersendiri? Jika jawabnya iya, silakan anda memulai membuat produk.

2. Menulis ebook. Menulis ebook tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Luangkan waktu beberapa hari untuk memfokuskan pikiran anda. Buat outline apa saja yang ingin anda curahkan dalam ebook anda. Selama bahan yang anda kumpulkan sudah komplet, anda tidak akan kesulitan menulis. Kalau anda merasa kurang bisa menulis, silakan baca dulu buku pedoman menulis. Silakan cari ciri khas tulisan yang akan anda pasang di book anda. Setiap penulis memiliki gaya masing-masing. Nah, anda juga perlu punya gaya. Tapi, jangan lantas berhenti pada satu gaya dan format. Anda bisa mencari format yang paling baik untuk ebook dan diri anda.

3. Membuat hak cipta digital, sistem pembayaran, dan model bisnis anda. Pastikan orang-orang tidak bisa bebas mengkopi produk anda. Hanya mereka yang beli saja yang bisa menggunakan produk anda. Untuk sistem pembayaran, silakan pilih yang paling pas untuk anda. Pastikan semua orang mudah membeli produk anda. Dan, untuk model bisnis, anda bisa memilih mana yang paling anda sukai. Apakah affiliate program atau membership? Tapi, kebanyakan produk informasi dijual dengan program affiliate.

4. Strategi marketing. Untuk strategi marketing saya sudah sering sekali membahasnya dalam blog. Tentu anda harus membuat blog agar anda bisa mempublikasikan produk anda sendiri. Aktif di forum dan membahas topik-topik yang berkaitan dengan produk anda. Jangan lupa sering-sering menulis artikel, terutama sebelum produk anda launching. Menangkan kepercayaan pengunjung anda. Dan, sebarkan iklan. Ciptakan brand anda sendiri. Bila perlu, lakukan joint venture dengan pebisnis lain. Selama anda mendapat keuntungan dari joint venture ini, kenapa tidak ada lakukan? Tulislah sales copy terbaik, bujuk semua orang agar mau membeli produk anda. Dan satu hal yang tidak boleh anda remehkan. Ini tentang pemberian nama produk. Banyak yang kesulitan memberi nama untuk produk mereka. Kadang, ebook sudah jadi, nama belum ada.

Nah, untuk mengatasi kesulitan ini, saya punya beberapa tips. Ini dia…

* Riset dulu nama-nama produk pesaing anda yang berada di posisi top rank.
* Cari nama yang belum pernah ada di page rank manapun. Bahkan, jangan gunakan nama yang mirip dengan yang sudah ada. Agar, produk anda tidak dikaitkan dengan produk tersebut.
* Buatlah nama yang pendek.
* Nama produk anda harus mudah diingat dan mudah diucapkan.
* Gunakan domain “.com.” Sebab nama domain “.com” lebih mudah diingat semua orang.
* Buatlah nama produk yang sekaligus bisa dijadikan keyword. Jika produk anda adalah keyword yang paling banyak digunakan, otomatis anda mudah melakukan SEO (search engine optimization).

Sekarang apalagi kesulitan anda? Segera buat produk dan pasarkan! Tak ada kesulitan selama ada kemauan. Yang penting, ACTION! (js)



bisnis sederhana



Blog Loecky | Ayo Menabung (http://www.loecky.co.cc) merupakan blog yang berisi tentang informasi keuangan, panduan menabung, tabungan, investasi, renungan, yang berhubungan dengan keuangan seperti uang, emas, dinar, asuransi, bisnis, bisnis online, iklan, bisnis internet, formula bisnis, SMUO, sistem mesin uang otomatis, ayo menabung, klik saya, tipe menabung, hosting di 000webhost, perhitungan bunga harian, mulai dagang kliksaya, renungan untuk seorang anak, memperoleh penghasilan dari artikel, memilih lump sum atau pembayaran periodik, artikel, traffic blog, perencanaan keuangan, investasi, kiat investasi, produk investasi, panduan menabung, mengatur uang, rekening, bisnis, mengelola gaji, menekan biaya, bisnis internet, bisnis online, pasang iklan, trik adsense, hosting, adsense, proses hidup, investasi emas, investasi dinar, memilih asuransi, dan semua hal yang bermanfaat untuk masa depan kita. Bookmark blog saya atau Baca lewat email


Artikel Terkait



2 Komentar:

Unknown mengatakan...

kalo nambahin sidebar menjadi 2 seperti blogku gimana boss,..

Unknown mengatakan...

Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Posting Komentar

 
 
 

Arsip Blog

About Me

Celotehan Awal

Blog ini berisi catatan-catatan saya selaku manusia biasa yang melihat alam sekitar, tingkah laku manusia, semua hal-hal yang lagi trend di jaman saya.

Kalau anak cucu saya melihat ini, sungguh akan menjadi suatu pengalaman yang unik: "ini terjadi di jaman saya, di jaman kamu bagaimana..apa masih sama?"

Konten lama/ old school dari blog ini kebanyakan berisi tips-tips keuangan yang dulu pernah saya kumpulkan, semoga masih relevan di jaman pembaca sekarang ini.

Maafkan jika Blog saya sifatnya satu arah, karena saya lumayan sibuk :), mudah2an kalo ada waktu akan saya balas komen yang ada satu per satu. Jika ada posting yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya