Menabung yang Benar

Rabu, Januari 14, 2009

Salam Pak Eko Endarto,
Saya karyawan perusahaan minyak di Kalimantan Timur. Tiap 2 minggu sekali saya mendapat libur dan biasa menghabiskannya di Surabaya . Masalahnya Pak Eko, pada saat liburan itu, hampir semua pendapatan saya habis digunakan untuk penge¬luaran, mulai dari memberi keluarga sampai dengan belanja. Akibatnya saya yang telah 7 tahun bekerja tidak memi¬liki tabungan. Bagaimana caranya agar saya bisa menabung?
(Simon – Kaltim)

Jawaban:

Simon, Anda harus bersyukur karena diberi kesempatan oleh Tuhan mendapatkan penghasilan yang cukup dengan bekerja di perusahaan minyak. Saya yakin penghasilan Anda bisa dikatakan lebih dari cukup. Masalah yang Anda hadapi mungkin juga dihadapi banyak orang saat ini, yaitu tidak bisa menabung. Dan, saya bersyukur Anda sadar serta ingin berubah.

Banyak orang yang saat bekerja dan berada di puncak, lupa dan tidak menyadari pentingnya menabung. Akibatnya, saat tidak lagi bekerja, mereka tidak memiliki simpanan sehingga hidupnya lebih sulit dibandingkan saat bekerja. Saran saya, kurangi masalah yang membuat Anda boros. Anda boros karena tiap 2 minggu pulang ke Surabaya sehingga Anda lebih konsumtif daripada saat di tempat kerja Anda (Kaltim). Nah, untuk itu, cobalah memperpanjang waktu liburan Anda bukan tiap 2 minggu, tetapi tiap 4 minggu. Artinya, Anda baru pulang setelah 4 minggu bekerja. Tentunya ini diim-bangi dengan pengaturan pengeluaran yang ketat, yaitu tidak menghabiskan semua anggaran saat liburan itu. Oh ya, satu lagi yang penting, sisihkan tabungan di awal. Artinya, sebelum berangkat, sisihkan uang dengan menabung. Jangan berharap menabung setelah mendapat dana sisa dari perjalanan karena itu hampir tidak mungkin. Ingat kisah Yusuf di Mesir. Selalu ada masa senang dan masa susah. Jadi, persiapkan hal itu dengan baik. (ss)


bisnis sederhana



Blog Loecky | Ayo Menabung (http://www.loecky.co.cc) merupakan blog yang berisi tentang informasi keuangan, panduan menabung, tabungan, investasi, renungan, yang berhubungan dengan keuangan seperti uang, emas, dinar, asuransi, bisnis, bisnis online, iklan, bisnis internet, formula bisnis, SMUO, sistem mesin uang otomatis, ayo menabung, klik saya, tipe menabung, hosting di 000webhost, perhitungan bunga harian, mulai dagang kliksaya, renungan untuk seorang anak, memperoleh penghasilan dari artikel, memilih lump sum atau pembayaran periodik, artikel, traffic blog, perencanaan keuangan, investasi, kiat investasi, produk investasi, panduan menabung, mengatur uang, rekening, bisnis, mengelola gaji, menekan biaya, bisnis internet, bisnis online, pasang iklan, trik adsense, hosting, adsense, proses hidup, investasi emas, investasi dinar, memilih asuransi, dan semua hal yang bermanfaat untuk masa depan kita. Bookmark blog saya atau Baca lewat email


Artikel Terkait



0 Komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Arsip Blog

About Me

Foto Saya
Loecky Febriansyah
Lihat profil lengkapku

Celotehan Awal

Blog ini berisi catatan-catatan saya selaku manusia biasa yang melihat alam sekitar, tingkah laku manusia, semua hal-hal yang lagi trend di jaman saya.

Kalau anak cucu saya melihat ini, sungguh akan menjadi suatu pengalaman yang unik: "ini terjadi di jaman saya, di jaman kamu bagaimana..apa masih sama?"

Konten lama/ old school dari blog ini kebanyakan berisi tips-tips keuangan yang dulu pernah saya kumpulkan, semoga masih relevan di jaman pembaca sekarang ini.

Maafkan jika Blog saya sifatnya satu arah, karena saya lumayan sibuk :), mudah2an kalo ada waktu akan saya balas komen yang ada satu per satu. Jika ada posting yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya