Belajar dari Brazil: Hukuman Dikurangi asal Mau Baca Buku

Rabu, Juli 04, 2012

Di Indonesia, remisi atau pengurangan masa hukuman biasanya diberikan pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus, Hari Raya Idul Fitri, atau Hari Natal.

Namun yang terjadi di Brasil, remisi berikan karena membaca buku. Lembaga pemasyarakatan di Brasil tergolong penuh sesak atau melebihi kapasitasnya.


Pihak berwenang menawarkan sebuah solusi yang menarik, setiap narapidana akan mendapat pengurangan masa hukuman empat hari untuk setiap buku yang selesai dibacanya.   Para napi di empat lapas federal, tempat sejumlah penjahat besar Brasil menjalani hukuman, mendapat kesempatan membaca buku sastra, filosofi, sains, dan klasik, untuk mengurangi maksimal 48 hari masa hukuman setiap tahun. "Para napi akan mendapat waktu empat minggu untuk membaca satu buku lalu menulis esai yang "menggunakan paragraf yang benar, bebas dari kesalahan, dan tulisannya terbaca," begitu pengumuman resmi yang dirilis pekan lalu. 

Sebuah panitia khusus akan memutuskan napi yang berhak mendapat kesempatan mengikutu program yang dinamai "Pengampunan lewat Membaca". "Seseorang bisa meninggalkan penjara dengan pencerahan dan memiliki wawasan dunia yang lebih luas," kata Andre Kehdi, pengacara Sao Paulo yang memimpin proyek bantuan buku untuk penjara. "Mereka pasti akan menjadi orang yang lebih baik saat bebas dari penjara," lanjutnya. 

sumber: kompas

bisnis sederhana

Catatan Loecky (http://blogloecky.blogspot.com) merupakan blog yang berisi tentang
catatan apa yang terjadi di jaman saya, apa yang saya lihat, dengar dan baca, tetapi tidak membuang posting lama yang berisi informasi keuangan, panduan menabung, tabungan, investasi, renungan, yang berhubungan dengan keuangan seperti uang, emas, dinar, asuransi, bisnis, bisnis online, iklan, bisnis internet, formula bisnis, SMUO, formula bisnis SMUO, review formula bisnis, sistem mesin uang otomatis, ayo menabung, klik saya, tipe menabung, hosting di 000webhost, perhitungan bunga harian, mulai dagang kliksaya, renungan untuk seorang anak, memperoleh penghasilan dari artikel, memilih lump sum atau pembayaran periodik, artikel, traffic blog, perencanaan keuangan, investasi, kiat investasi, produk investasi, panduan menabung, mengatur uang, rekening, bisnis, mengelola gaji, menekan biaya, bisnis internet, bisnis online, pasang iklan, trik adsense, hosting, adsense, proses hidup, investasi emas, investasi dinar, memilih asuransi, dan semua hal yang bermanfaat untuk masa depan kita. Bookmark blog saya atau Baca lewat email

Artikel Terkait



0 Komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Arsip Blog

About Me

Foto Saya
Loecky Febriansyah
Lihat profil lengkapku

Celotehan Awal

Blog ini berisi catatan-catatan saya selaku manusia biasa yang melihat alam sekitar, tingkah laku manusia, semua hal-hal yang lagi trend di jaman saya.

Kalau anak cucu saya melihat ini, sungguh akan menjadi suatu pengalaman yang unik: "ini terjadi di jaman saya, di jaman kamu bagaimana..apa masih sama?"

Konten lama/ old school dari blog ini kebanyakan berisi tips-tips keuangan yang dulu pernah saya kumpulkan, semoga masih relevan di jaman pembaca sekarang ini.

Maafkan jika Blog saya sifatnya satu arah, karena saya lumayan sibuk :), mudah2an kalo ada waktu akan saya balas komen yang ada satu per satu. Jika ada posting yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya