Bisakah Non-Muslim Manfaatkan Bank Syariah?

Rabu, Februari 04, 2009

Perkenalkan nama saya Dewi. Saat ini sedang mengambil mata kuliah hukum perbankan Islam. Sebelum melanjut ke bab yang lebih jauh dan rumit. Saya ingin mempertanyakan mengenai satu hal yang sangat 'basic'.

Sebenarnya bank syariah itu untuk orang Muslim saja, ataukah orang non-Muslim juga bisa memanfaatkan bank ini. Karena, selama ini yang saya ketahui, sangat jarang dan bahkan tidak pernah menemui satu pun orang non-Muslim memanfaatkan bank ini. Demikian pertanyaan saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Dewi, Jakarta

Jawaban:

Waalaikumussalam Wr Wb

Mbak Dewi, senang menerima e-mail dari Anda. Saya Ahmad Gozali, Perencana Keuangan pada Safir Senduk & Rekan yang membidangi masalah keuangan syariah. Menanggapi pertanyaan Anda, bank syariah tidaklah eksklusif hanya untuk umat Muslim saja.

Silakan dicari peraturan perundang-undangan maupun aturan dari BI atau DSN, sama sekali tidak ada batasan siapa saja yang boleh menjadi nasabah pada perbankan syariah. Begitu Anda melangkah masuk ke dalam bank syariah dan menggunakan jasanya, Anda juga tidak akan ditanya agamanya apa.

Sebab, yang dimaksud dengan bank syariah adalah perbankan yang menjalankan fungsi perbankan yang sesuai dengan aturan syariat Islam. Artinya, transaksi yang dilakukan tidak boleh melanggar aturan syariat seperti bunga, spekulasi, jual beli mata uang, dan lain sebagainya. Tapi, sama sekali tidak ada larangan dalam syariat Islam untuk bertransaksi dengan pihak non-Muslim. Singkatnnya, syariah di sini adalah sistem, bukan religi.

Bagi umat Muslim, tentu saja syariah adalah sistem sekaligus juga bagian dari ajaran agama. Tapi bagi non-Muslim, syariah ini adalah sistem yang universal. Bahkan sebagian bank syariah di Indonesia ini dimiliki oleh non-Muslim. Tidak percaya? Bank Muamalat Indonesia memang dimiliki oleh masyarakat Muslim Indonesia dan investor
Muslim dari Malaysia dan Timur Tengah, Bank Syariah Mandiri juga dimiliki Bank Mandiri (pemerintah) . Bank Mega Syariah dimiliki oleh Grup Para (mayoritas Muslim).

Tapi, coba lihat Bank Permata Syariah, Bank BII Syariah, dan bank syariah lainnya yang merupakan cabang dari bank konvensional di mana sebagian sahamnya dimiliki pemerintah, swasta dan pihak asing yang beragam agamanya.

Oke, demikian yang bisa saya jelaskan. Jangan sungkan menghubungi kami kembali untuk berdiskusi lebih lanjut. Wassalam. (ss)


bisnis sederhana



Blog Loecky | Ayo Menabung (http://www.loecky.co.cc) merupakan blog yang berisi tentang informasi keuangan, panduan menabung, tabungan, investasi, renungan, yang berhubungan dengan keuangan seperti uang, emas, dinar, asuransi, bisnis, bisnis online, iklan, bisnis internet, formula bisnis, SMUO, sistem mesin uang otomatis, ayo menabung, klik saya, tipe menabung, hosting di 000webhost, perhitungan bunga harian, mulai dagang kliksaya, renungan untuk seorang anak, memperoleh penghasilan dari artikel, memilih lump sum atau pembayaran periodik, artikel, traffic blog, perencanaan keuangan, investasi, kiat investasi, produk investasi, panduan menabung, mengatur uang, rekening, bisnis, mengelola gaji, menekan biaya, bisnis internet, bisnis online, pasang iklan, trik adsense, hosting, adsense, proses hidup, investasi emas, investasi dinar, memilih asuransi, dan semua hal yang bermanfaat untuk masa depan kita. Bookmark blog saya atau Baca lewat email


Artikel Terkait



0 Komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Arsip Blog

About Me

Foto Saya
Loecky Febriansyah
Lihat profil lengkapku

Celotehan Awal

Blog ini berisi catatan-catatan saya selaku manusia biasa yang melihat alam sekitar, tingkah laku manusia, semua hal-hal yang lagi trend di jaman saya.

Kalau anak cucu saya melihat ini, sungguh akan menjadi suatu pengalaman yang unik: "ini terjadi di jaman saya, di jaman kamu bagaimana..apa masih sama?"

Konten lama/ old school dari blog ini kebanyakan berisi tips-tips keuangan yang dulu pernah saya kumpulkan, semoga masih relevan di jaman pembaca sekarang ini.

Maafkan jika Blog saya sifatnya satu arah, karena saya lumayan sibuk :), mudah2an kalo ada waktu akan saya balas komen yang ada satu per satu. Jika ada posting yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya