Membangun Hubungan Baik: Investasi yang Tak Ternilai untuk Bisnis Internet anda

Rabu, Februari 04, 2009

Anda pasti masih ingat ketika saya melabeli bisnis online sebagai bisnis masa depan? Bukan tanpa alasan saya menyebutnya begitu. Inilah model bisnis ideal. Bisnis ini memungkinkan anda bertransaksi dengan siapapun tanpa harus beranjak dari tempat duduk anda. Anda bisa menawarkan produk anda pada jutaan orang sekaligus. Bandingkan misal kalau anda punya toko dan melayani seribu pembeli sekaligus. Sangat merepotkan bukan?

Nah, agar bisnis internet anda berjalan lancar, tentunya anda perlu membangun hubungan baik dengan pengunjung atau konsumen anda. Hubungan baik dalam jangka panjang adalah dasar kesuksesan bisnis anda.

Biasanya, kebanyakan merchant lebih fokus pada produk dan pelayanan sebelum pembelian. Asal produknya bagus, kadang mereka tidak begitu peduli bagaimana membangun hubungan dengan pelanggan. Seperti misalnya, ketika konsumen belum membeli produk atau jasa anda, pelayanan yang anda berikan sangat baik. Namun, setelah mereka menjadi konsumen anda, biasanya tingkat pelayanannya menurun. Bagi saya ini sebuah blunder.

Tapi bagaimana membangun hubungan baik di internet? Itu yang harus anda ketahui.

Untuk memulainya anda tak perlu menemui langsung konsumen anda satu persatu. Anda bisa misal cukup menyapa mereka lewat e-mail. Pastikan paling tidak mereka merasa mendapat perhatian sehingga jalinan komunikasi tak terputus.

Cara gampang yang bisa anda lakukan misal mengucapkan kata ‘terima kasih’ pada konsumen. Pastikan mereka mendapatkan perhatian anda. Dengan cara yang sama, yakinkan mereka bahwa anda orang yang dapat dipercaya. Tinggalkan kesan positif, agar mereka simpati dan tetap mau berbisnis dengan anda.

Saya, selalu terkesan dengan pelayanan di bank yang selalu bersikap ramah. Satpam membukakan pintu masuk sambil tersenyum, dan selalu menyapa anda. Mungkin hal itu sederhana, tapi sangat mendasar dalam melakoni bisnis. Dengan bersikap seperti itu, para pelanggan pasti terkesan. Mereka tak ragu untuk kembali berkunjung.

Lakukanlah hal serupa pada bisnis online anda. Cobalah beramah tamah dengan para pengunjung. Sapalah dengan penuh kehangatan agar meninggalkan kesan positif. Ajaklah mereka berinteraksi. Bersikaplah penuh perhatian.

Sediakan dan lakukan komunikasi lewat berbagai jalur. Selain email, anda bisa sediakan telepon dan juga chatting untuk melayani konsumen anda. Dengan membuka banyak jalur, harapannya semakin mudah pengunjung untuk menghubungi anda. Saya yakin dengan cara ini, perlahan hubungan baik antara anda dengan para pengunjung bisa terjalin. Sekaligus menumbuhkan kepercayaan bahwa produk dan service yang anda tawarkan memang berkualitas.

Dalam pelayanan yang anda berikan, jangan sampai mengecewakan mereka. Karena jika sekali saja mereka kecewa, bisa jadi hubungan baik yang anda bina akan berakhir, dan hancurlah reputasi anda.

Agar hal itu tak terjadi, tetap jaga hubungan baik dan berikan pelayanan terbaik. Ciptakan kesan nyaman agar pelanggan betah berlama-lama mengunjungi blog dan situs web anda. Lebih baik lagi jika anda bisa meningkatkan hubungan anda bukan lagi antara produsen dan konsumen, tapi sebagai teman. Yakinlah, dengan begitu mereka akan tak akan pindah ke lain produk. Dan keuntungan tanpa henti akan tetap menjadi milik anda. Karena saya yakin, makin banyak teman makin banyak rejeki yang menghampiri anda. (js)


bisnis sederhana



Blog Loecky | Ayo Menabung (http://www.loecky.co.cc) merupakan blog yang berisi tentang informasi keuangan, panduan menabung, tabungan, investasi, renungan, yang berhubungan dengan keuangan seperti uang, emas, dinar, asuransi, bisnis, bisnis online, iklan, bisnis internet, formula bisnis, SMUO, sistem mesin uang otomatis, ayo menabung, klik saya, tipe menabung, hosting di 000webhost, perhitungan bunga harian, mulai dagang kliksaya, renungan untuk seorang anak, memperoleh penghasilan dari artikel, memilih lump sum atau pembayaran periodik, artikel, traffic blog, perencanaan keuangan, investasi, kiat investasi, produk investasi, panduan menabung, mengatur uang, rekening, bisnis, mengelola gaji, menekan biaya, bisnis internet, bisnis online, pasang iklan, trik adsense, hosting, adsense, proses hidup, investasi emas, investasi dinar, memilih asuransi, dan semua hal yang bermanfaat untuk masa depan kita. Bookmark blog saya atau Baca lewat email


Artikel Terkait



0 Komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Arsip Blog

About Me

Foto Saya
Loecky Febriansyah
Lihat profil lengkapku

Celotehan Awal

Blog ini berisi catatan-catatan saya selaku manusia biasa yang melihat alam sekitar, tingkah laku manusia, semua hal-hal yang lagi trend di jaman saya.

Kalau anak cucu saya melihat ini, sungguh akan menjadi suatu pengalaman yang unik: "ini terjadi di jaman saya, di jaman kamu bagaimana..apa masih sama?"

Konten lama/ old school dari blog ini kebanyakan berisi tips-tips keuangan yang dulu pernah saya kumpulkan, semoga masih relevan di jaman pembaca sekarang ini.

Maafkan jika Blog saya sifatnya satu arah, karena saya lumayan sibuk :), mudah2an kalo ada waktu akan saya balas komen yang ada satu per satu. Jika ada posting yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya