Antara Gaji Nge-pas, Menabung, dan Berinvestasi

Selasa, Desember 22, 2009

Assalamualaikum Wr Wb
Saya karyawan swasta, saya mau tanya apakah masih perlu asuransi jiwa yang digabung investasi? Pertanyaan ini saya ajukan mengingat gaji saya pas-pasan dan tabungan saya tipis. Kalau menabung terus terang saya bukan tipe orang yang hemat. Tolong Bung jalan keluarnya. Thanks.

Salam,
Darmawan

JAWABAN:

Waalaikumussalam Wr Wb

Untuk menjawab pertanyaan Anda, saya akan memisahkan dulu antara asuransi jiwa dan investasi. Ini perlu karena sebetulnya ada banyak pilihan produk yang bisa Anda pilih, baik itu berupa paket seperti asuransi jiwa + investasi, maupun asuransi jiwa dan investasi secara
terpisah. Asuransi jiwa + investasi hanya saya sarankan kalau Anda perlu keduanya dan ingin lebih praktis.

Untuk asuransi jiwa, yang harus menjadi pertimbangan adalah apakah Anda punya tanggungan nafkah atau tidak? Artinya, apakah Anda punya istri, anak, orangtua, atau mungkin adik yang saat ini sepenuhnya mengandalkan nafkah dari Anda? Jika ya, maka Anda perlu asuransi jiwa.Pertanyaan kedua, apakah Anda mendapatkan asuransi jiwa yang
memadai dari perusahaan tempat Anda bekerja? Jika ya, maka Anda tidak perlu lagi mengambil asuransi jiwa. Tapi jika tidak, Anda jelas perlu membeli asuransi jiwa sendiri.

Sekarang mengenai investasinya. Saya menawarkan Anda dua pilihan kalimat sebagai berikut: ''Karena gaji pas-pasan, maka saya tidak usah berinvestasi' ', ''Karena tabungan tipis, maka saya tidak perlu lagi berinvestasi' ', ''Karena tidak bisa berhemat, maka saya tidak usah berinvestasi' ' atau kalimat berikut: ''Justru karena gaji pas-pasan maka saya perlu investasi untuk masa depan karena tidak bisa hanya mengandalkan gaji saja'', ''Justru karena tabungan saya tipis, maka saya perlu menambah tabungan saya'', ''Justru karena saya tidak bisa berhemat, maka saya perlu strategi baru untuk berinvestasi' '.Jika Anda memilih kalimat yang kedua, maka saya sangat sarankan Anda memiliki tabungan rutin setiap bulan, dan
melakukan investasi untuk kepentingan masa depan Anda
.

Prioritas Anda sekarang adalah mengisi tabungan Anda sampai jumlahnya sekitar 3 sampai 6 kali dari penghasilan Anda. Setelah itu tercapai, maka prioritas selanjutnya adalah berinvestasi dalam arti uang simpanan Anda tidak hanya menganggur di rekening bank.Tapi, bagaimana
caranya? Kalau Anda sendiri mengatakan sulit untuk berhemat, dalam arti sulit menyisakan uang untuk ditabung atau diinvestasikan, maka paradigma menabung Anda perlu diubah.

Caranya? Yaitu dengan menabung di awal, dan bukan menunggu sisa. Dengan cara ini, insya Allah Anda akan selalu punya uang untuk ditabung. Beda halnya kalau menunggu sisa di akhir bulan, tentunya lebih sulit karena banyak godaan untuk berbelanja dan menghabiskan uang. Nah, mengenai asuransi + investasi, silakan Anda ambil jika Anda memang perlu asuransinya seperti saya jelaskan di atas. Dengan cara ini Anda akan 'dipaksa' untuk berinvestasi secara rutin karena 'ditagih' dalam bentuk premi. Biasanya sih, kita akan lebih disiplin ketika ditagih oleh orang lain daripada ditagih oleh diri sendiri. (ss)



bisnis sederhana



Blog Loecky | Ayo Menabung (http://www.loecky.co.cc) merupakan blog yang berisi tentang informasi keuangan, panduan menabung, tabungan, investasi, renungan, yang berhubungan dengan keuangan seperti uang, emas, dinar, asuransi, bisnis, bisnis online, iklan, bisnis internet, formula bisnis, SMUO, sistem mesin uang otomatis, ayo menabung, klik saya, tipe menabung, hosting di 000webhost, perhitungan bunga harian, mulai dagang kliksaya, renungan untuk seorang anak, memperoleh penghasilan dari artikel, memilih lump sum atau pembayaran periodik, artikel, traffic blog, perencanaan keuangan, investasi, kiat investasi, produk investasi, panduan menabung, mengatur uang, rekening, bisnis, mengelola gaji, menekan biaya, bisnis internet, bisnis online, pasang iklan, trik adsense, hosting, adsense, proses hidup, investasi emas, investasi dinar, memilih asuransi, dan semua hal yang bermanfaat untuk masa depan kita. Bookmark blog saya atau Baca lewat email


Artikel Terkait



2 Komentar:

ARIF'S mengatakan...

pertama xxx...................

Unknown mengatakan...

mas arif member kaskus ya?. terimakasih mas

Posting Komentar

 
 
 

Arsip Blog

About Me

Celotehan Awal

Blog ini berisi catatan-catatan saya selaku manusia biasa yang melihat alam sekitar, tingkah laku manusia, semua hal-hal yang lagi trend di jaman saya.

Kalau anak cucu saya melihat ini, sungguh akan menjadi suatu pengalaman yang unik: "ini terjadi di jaman saya, di jaman kamu bagaimana..apa masih sama?"

Konten lama/ old school dari blog ini kebanyakan berisi tips-tips keuangan yang dulu pernah saya kumpulkan, semoga masih relevan di jaman pembaca sekarang ini.

Maafkan jika Blog saya sifatnya satu arah, karena saya lumayan sibuk :), mudah2an kalo ada waktu akan saya balas komen yang ada satu per satu. Jika ada posting yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya