Mencari Income Tambahan

Senin, Maret 08, 2010

Mas Ghozali,

Saya berpendapatan 1 juta tiap bulan, harus memberikan kepada orang tua sebesar 500 ribu. Apalagi sekarang orangtua saya sedang sakit. Saya harus bagaimana? Apakah ada cara yang bisa saya coba untuk memperoleh tambahan pendapatan?

Terima kasih. 0899814XXXX

Jawaban:

Saya turut prihatin dengan kondisi Anda dan keluarga sekarang, mudah-mudahan hal ini justru menjadi motivasi bagi Anda untuk berusaha lebih baik lagi dari sisi finansial. Saya rasa memang cukup berat jika harus menanggung keluarga dengan setengah dari penghasilan Anda. Untuk itu, mencari penghasilan tambahan memang solusi yang paling tepat.

Siapapun juga bisa memperoleh penghasilan tambahan, asalkan tau caranya, dan mau berusaha. Secara umum ada beberapa cara untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan, intinya adalah dengan memanfaatkan apapun yang Anda miliki. Bisa dalam bentuk harta, bisa dalam bentuk waktu, keahlian, nama baik, jaringan, bahkan sekedar ide pun bisa menjadi penghasilan tambahan.

Harta yang sekarang menanggur bisa menjadi sumber penghasilan. Walaupun kelihatannya tidak seberapa, tapi menyewakan aset tertentu yang tidak terlalu produktif jika digunakan sendiri merupakan pilihan yang cukup bijak. Misalnya saja, Anda berangkat dari rumah ke tempat kerja dengan membawa sepeda motor. Artinya sepeda motor itu menganggur selama Anda bekerja. Kenapa tidak diproduktifkan dengan bekerjasama dengan tukang ojek misalnya. Rumah Anda cukup strategis tapi tidak punya modal untuk usaha, kenapa tidak bekerjasama dengan orang lain yang kepusingan cari tempat untuk usaha. Sekedar halaman pun bisa disewakan pada pedagang kecil atau kaki lima.

Sekarang kita bahas waktu, kalau selama ini bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, artinya masih ada waktu di malam hari dan akhir pekan. Kenapa tidak dimanfaatkan untuk "bekerja" di tempat lain juga. Misalnya, daripada menonton TV saja di rumah di malam hari, Anda bisa menjaga warnet atau wartel yang tidak terlalu butuh banyak tenaga selain hanya untuk standby saja. Terkadang kerjanya masih bisa sambil nonton TV juga kan.

Begitu juga dengan keahlian. Coba digali kembali kira-kira keahlian apa yang bisa dikomersilkan. Nama baik pun terkadang bisa menjadi "modal", hanya karena seseorang percaya pada Anda. Jaringan pertemanan juga bisa menjadi uang jika Anda pandai membaca peluang, misalnya dengan membantu teman yang sedang mencari sesuatu yang kebetulan dimiliki oleh teman yang lain. Istilah kerennya sih, makelar. Bahkan ide pun ternyata bisa jadi uang, jika Anda punya ide usaha yang bagus, atau resep makanan yang enak, atau mungkin rancangan barang tertentu tapi tidak punya cukup modal untuk menjalankannya. Anda bisa tawarkan ide itu pada orang lain untuk dibeli.

Nah, sekarang buka mata buka telinga dan tangkap setiap peluang yang ada.


Salam
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan
Dikutip dari Tabloid Wanita Indonesia

bisnis sederhana



Blog Loecky | Ayo Menabung (http://www.loecky.co.cc) merupakan blog yang berisi tentang informasi keuangan, panduan menabung, tabungan, investasi, renungan, yang berhubungan dengan keuangan seperti uang, emas, dinar, asuransi, bisnis, bisnis online, iklan, bisnis internet, ayo menabung, klik saya, tipe menabung, hosting di 000webhost, perhitungan bunga harian, mulai dagang kliksaya, renungan untuk seorang anak, memperoleh penghasilan dari artikel, memilih lump sum atau pembayaran periodik, artikel, traffic blog, perencanaan keuangan, investasi, kiat investasi, produk investasi, panduan menabung, mengatur uang, rekening, bisnis, mengelola gaji, menekan biaya, bisnis internet, bisnis online, pasang iklan, trik adsense, hosting, adsense, proses hidup, investasi emas, investasi dinar, memilih asuransi, dan semua hal yang bermanfaat untuk masa depan kita. Bookmark blog saya atau Baca lewat email

Artikel Terkait



2 Komentar:

hiabrother mengatakan...

Sangat Inspirasional dan motivasional brow. Thx

Nameless Band Indonesia mengatakan...

ANDA MAU KAYA DENGAN AKUN FACEBOOK MODAL 20 RIBU HASIL bisa nyampe jutaan LEBIH SEBULAN?
Atau anda mau, AKUN FACEBOOK ANDA MENGALIRKAN JUTAAN RUPIAH SETIAP HARINYA KE REKENING BANK ANDA ??
Terobosan Paling Mutachir Saat Ini, Anda Dapat Menghasilkan Uang Hanya Dengan Modal Facebook Mau? Info Lengkap http://komisifb.com/?id=arinasyid

Posting Komentar

 
 
 

Arsip Blog

About Me

Foto Saya
Loecky Febriansyah
Lihat profil lengkapku

Celotehan Awal

Blog ini berisi catatan-catatan saya selaku manusia biasa yang melihat alam sekitar, tingkah laku manusia, semua hal-hal yang lagi trend di jaman saya.

Kalau anak cucu saya melihat ini, sungguh akan menjadi suatu pengalaman yang unik: "ini terjadi di jaman saya, di jaman kamu bagaimana..apa masih sama?"

Konten lama/ old school dari blog ini kebanyakan berisi tips-tips keuangan yang dulu pernah saya kumpulkan, semoga masih relevan di jaman pembaca sekarang ini.

Maafkan jika Blog saya sifatnya satu arah, karena saya lumayan sibuk :), mudah2an kalo ada waktu akan saya balas komen yang ada satu per satu. Jika ada posting yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya