Krisis, Suatu Pembelajaran Berinvestasi

Kamis, Januari 15, 2009

Sepertinya kata baru yang popular di tahun 1997-1998 dan kita harapkan untuk tidak lagi kita ucapkan harus kembali terdengar. Krismon, kata yang paling popular diucapkan di tahun tersebut saat ini kembali ada di tengah masyarakat. Walaupun banyak pengamat ekonomi berkata bahwa situasi saat ini berbeda dengan saat 10 tahun lalu, tapi kekuatiran seseorang tetap sama yaitu bagaimana dengan investasiku?

Beberapa klien yang saya tangani sudah mulai menelepon, beberapa bertanya apa yang harus dilakukan menghadapi situasi ini? Bagaimana dengan investasinya yang sedang berjalan? Apa yang akan terjadi dengan investasinya yang turun?

Panik?

Salah satu himbauan yang paling sering dikeluarkan saat ini adalah jangan panik.Kata ini menjadi kata ajaib yang sangat sering diucapkan mulai dari Customer Serive bank sampai dengan Presiden kita. Banyak alasan yang bisa menjadikan orang menjadi panik, dan tentunya banyak juga alasan yang bisa dikeluarkan untuk mengcounter hal tersebut. Sebagai seorang perencana keuangan kata ini juga yang saya keluarkan kepada beberapa klien yang bingung harus berbuat apa terhadap investasi mereka.Tapi tentu saja pernyataan ini keluar bukan tanpa alasan.

Setiap klien yang kami tangani telah memiliki tujuan dalam berinvestasi, dan tentunya pemilihan portofolio produk investasi sangat ditentukan oleh tujuan keuangan mereka. Kalau kita telah mengatur portofolio dengan baik, seharusnya kita tidak perlu panik dengan keadaan ini. Alasan saya sederhana saja, saat ini investasi yang sedang rontok adalah investasi dengan risiko tinggi dan hasil tinggi contohnya saja saham dan reksadana saham. Dalam suatu portofolio investasi, biasanya produk ini adalah produk untuk tujuan jangka panjang, artinya kita membutuhkan hasil investasinya masih dalam jangka waktu yang lama katakanlah 10 tahun ke depan. Jadi kalau memang dibutuhkannya masih lama kenapa harus kita panik dengan keadaan sekarang ? takut rugi ? toh Anda tidak akan rugi kalau Anda tidak merealisasikan kerugiannya saat ini (saham dijual atau reksadana di redemt). Jadi kalau portofolio investasi kita sudah benar yaitu produk risiko tinggi untuk jangka panjang, saat ini seharusnya kita gembira karena dengan jumlah investasi yang sama kita mendapatkan unit penyertaan atau lembar saham yang lebih besar. Namun bagaimana dengan investasi risiko rendah dan menengah kita ? nah ini baru yang menjadi masalah. Karena kita akan membutuhkan hasil investasi kita lebih cepat daripada produk investasi jangka panjang, maka kita perlu panik dengan investasi kita. Tapi sepertinya pemerintah sudah mengantisipasinya dengan benar tuh. Produk investasi jangka menengah dan pendek disesuaikan imbal hasilnya dengan maksud agar hasil investasinya tidak tergerus oleh krisis. Suku simpanan jangka pendek dinaikkan, obligasi dikeluarkan dengan bunga bersaing jadi kenapa harus panik?

Tenang, Rasional dan Jernih

Presiden SBY dalam salah satu pidatonya menyebutkan rakyat harus tetap Tenang, Rasional dan Jernih. Saya coba menelaah ke tiga kata tersebut dalam konteks investasi sebagai bagian dari perencanaan keuangan

1. Tenang

Bila kitta telah berinvestasi secara benar yaitu menjadikan produk investasi seperti saham, reksadana atau apapun itu hanya sebagai sarana dan bukan sebagai tujuan, maka seharusnya kita tetap tenang. Ibarat kendaraan, saat ini kendaraan kita mungkin sedang bermasalah karena pengaruh dari luar. Memang perjalanan kita mencapai tujuan menjadi sedikit terhampat, tapi bukan berarti tidak akan tercapai kan . Kalau tujuan itu masih jauh, hambatan ini bisa kita gunakan untuk melakukan evaluasi guna mencapai tujuan. Misalnya kalau dulu Anda tidak bisa membeli saham bluechip karena harganya sangat tinggi, maka inilah saatnya. Atau dahulu Anda hanya bisa bermimpi untuk memiliki unit penyertaan salah satu Reksadana unggulan karena NAB-nya terlalu tinggi, maka saat ini hal itu bisa diwujudkan. Jadi tetaplah tenang, ambil dampak baik dari krisis ini.

2. Rasional

Kata ini mungkin cukup membingungkan, apa hubungannya rasional dengan investasi saya? Begini, kita memang layak untuk was-was pada perkembangan investasi kita. Bayangkan dahulu saat berinvestasi kita harus mengeluarkan A rupiah ternyata akibat krisis investasi kita tinggal separohnya. Supaya tidak tambah turun, maka investasi itu harus ditarik. Ini benar bila kita salah meletakkan dan memilih produk investasi. Kalau Anda berinvestasi di produk dengan hasil tinggi dan risiko tinggi untuk tujuan jangka pendek, maka mau tidak mau ini yang harus Anda lakukan. Tapi bila Anda sudah berinvestasi benar yaitu berinvestasi untuk jangka panjang di produk yang berisiko tinggi dan hasil tinggi, maka ini hanya sebagian kecil gejolak yang pasti akan terjadi dalam perjalanan panjang investasi kita. Tidak harus kita tarik investasi kita karena toh kita belum membutuhkannya, kalau ada yang melakukan itu mungkin mereka telah salah mengambil produk, atau mereka bukan investor tapi trader yang memang pekerjaannya mendapatkan untung sesaat. Jadi kita harus rasional, fokus pada tujuan yang ingin dicapai dan jangan terpengaruh pada mereka yang telah salah atau trader.

3. Jernih

Untuk apa kita berinvestasi? Berapa lama tujuan kita? Apakah memang kita butuh untuk mengambil uangnya saat ini? Mungkin pertanyaan ini harus kita tanyakan sebelum kita lebih jauh bertindak. Tujuan kita untuk pensiun,masih 10 tahun ke depan, dan saya tidak butuh dananya saat ini; lagi pula krisis ini bukan karena masalah di produk investasi saya, jadi kenapa harus dilepas? Takut rugi? Tentu saja Anda akan benar-benar rugi bila Anda menarik investasi Anda.namun bila tidak investasi Andatetap jalan. Tidak bisa kembali ke harga asal ? ingat kembali Anda berinvestasi di produk yang memberikan imbal hasil tinggi jadi tidak sulit untuk produk itu kembali ke posisi awal dalam 10 tahun ke depan. Jadi saran saya jernihkan pikiran sebelum kita ambil keputusan. Jangan sampai kita hanya menjadi permainan para spekulan yang mengambil keuntungan dari ketidak tahuan kita. (ss)


bisnis sederhana



Blog Loecky | Ayo Menabung (http://www.loecky.co.cc) merupakan blog yang berisi tentang informasi keuangan, panduan menabung, tabungan, investasi, renungan, yang berhubungan dengan keuangan seperti uang, emas, dinar, asuransi, bisnis, bisnis online, iklan, bisnis internet, formula bisnis, SMUO, sistem mesin uang otomatis, ayo menabung, klik saya, tipe menabung, hosting di 000webhost, perhitungan bunga harian, mulai dagang kliksaya, renungan untuk seorang anak, memperoleh penghasilan dari artikel, memilih lump sum atau pembayaran periodik, artikel, traffic blog, perencanaan keuangan, investasi, kiat investasi, produk investasi, panduan menabung, mengatur uang, rekening, bisnis, mengelola gaji, menekan biaya, bisnis internet, bisnis online, pasang iklan, trik adsense, hosting, adsense, proses hidup, investasi emas, investasi dinar, memilih asuransi, dan semua hal yang bermanfaat untuk masa depan kita. Bookmark blog saya atau Baca lewat email


Artikel Terkait



1 Komentar:

Unknown mengatakan...

Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Posting Komentar

 
 
 

Arsip Blog

About Me

Celotehan Awal

Blog ini berisi catatan-catatan saya selaku manusia biasa yang melihat alam sekitar, tingkah laku manusia, semua hal-hal yang lagi trend di jaman saya.

Kalau anak cucu saya melihat ini, sungguh akan menjadi suatu pengalaman yang unik: "ini terjadi di jaman saya, di jaman kamu bagaimana..apa masih sama?"

Konten lama/ old school dari blog ini kebanyakan berisi tips-tips keuangan yang dulu pernah saya kumpulkan, semoga masih relevan di jaman pembaca sekarang ini.

Maafkan jika Blog saya sifatnya satu arah, karena saya lumayan sibuk :), mudah2an kalo ada waktu akan saya balas komen yang ada satu per satu. Jika ada posting yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya